Jumat, 02 Maret 2012

IPA : Gaya

Bismillahirrahmanirrahim
Langsung aja, kali ini Icha mau ngebahas tentang :

GAYA

A. Besaran Gaya

Kamu tentu sering mendengar kata gaya. Apakah pengertian dari kata gaya yang sering kamu dengar tersebut? Samakah pengertian tersebut dengan gaya dalam sains? Untuk mengetahui jawabannya, mari mempelajari tentang Gaya.

Pengertian Gaya

Dalam sains, gaya didefinisikan sebagai suatu tarikan atau suatu dorongan. Pengaruh gaya pada benda antara lain sebagai berikut :

a. Menyebabkan perubahan pada kecepatan gerak benda
b. Menyebabkan benda diam menjadi bergerak dan sebaliknya
c. Mengubah arah gerak benda
d. Mengubah bentuk suhu benda

Dapatkah kamu menyebutkan jenis-jenis gaya? Gaya terdiri atas : Gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Tahukah kamu, apakah gaya sentuh dan gaya tak sentuh itu?

Gaya sentuh adalah gaya yang bekerja pada suatu benda dengan melalui sentuhan pada permukaan benda tersebut.

Gaya tak sentuh dapat didefinisikan sebagai gaya yang bekerja pada benda tanpa menyentuh benda tersebut.

Gaya dapat diukur dengan menggunakan neraca pegas atau dinamometer. Satuan gaya dalam SI (Sistem Internasional) adalah Newton (N). Satuan ini digunakan untuk menghormati tokoh Fisika Sir Isaac Newton. Satuan lain yang juga sering digunakan adalah Dyne, di mana 1 Newton setara dengan 100.000 dyne.


B. Hukum Newton tentang Gaya

Hukun Newton I

Sebuah benda terus dalam keadaan diam atau terus bergerak dengan kelajuan tetap, kecuali jika ada gaya luar yang memaksa benda tersebut mengubah keadaannya.

Hukum Newton II

Percepatan yang di hasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding lurus dengan resultan gaya dan berbanding terbalik massa benda.

Hukum Newton III

Jika kamu memberikan gaya pada suatu benda (gaya aksi), kamu akan mendapatkan gaya yang sama besar, tetapi arahnya berlawanan (gaya reaksi) dengan gaya yang kamu berikan.


C. Analisis Gaya Gesekan dan Gaya Berat

Gaya Gesekan

Kekasaran dan kehalusan bentuk permukaan dapat memengaruhi besar gaya gesekan. Sebaliknya, semakin halus bentuk permukaan, semakin kecil gaya geseknya.

Apakah keuntungan gaya gesek bagi manusia?

a. Akibat adanya gaya gesek, kamu dapat berjalan di atas tanah dengan nyaman. Jika tidak ada gaya gesek, mustahil kamu dapat berjalan karena kamu pasti tergelincir.
b. Gaya gesekan antara ban mobil dengan jalan membuat mobil dapat berjalan dengan baik, Jika tidak ada gaya gesek, mobil tidak akan bergerak dengan baik karena mobil tersebut pasti tergelincir.
c. Gaya gesek dapat di manfaatkan pula pada rem kendaraan. Dengan adanya gaya gesekan antara karet rem dan roda kendaraan, maka kamu dapat mengurangi atau menghentikan gerak kendaraan.

Kerugian gaya gesek bagi manusia adalah sebagai berikut :

a. Gaya gesek pada bagian-bagian yang ada dalam mesin mobil atau motor dapat menimbulkan panas yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan mesin mobil cepat rusak. Untuk mengatasi hal ini mesin di beri oli agar gesekan antara bagian-bagian mesin lebih kecil.
b. Gesekan antara ban mobil dan jalan menyebabkan ban mobil cepat aus. Selain itu, gesekan ini dapat menghambat gerak mobil sehingga mobil tidak dapat bergerak dengan kelajuan tinggi.
c. Gesekan antara air laut dan kapal laut dapat menghambat gerak kapal laut. Untuk mengatasi hal ini, ujung kapal laut di buat lancip sehingga gesekan antara kapal laut dan air laut dapat di perkecil.


Hoaam... Aduh, Icha udah ngantuk nih...
Di lanjutin besok ya temen-temen...





4 komentar:

  1. Lanjut terus kak ^___^
    Informasi nya berguna banget

    thx

    BalasHapus
  2. Jadi inget waktu masih sekolah, tapi sekarang sudah lupa, hehe....

    BalasHapus